Makalah Teknologi Informasi Bisnis

Tugas Makalah Teknologi Informasi Bisnis
Disusun oleh : Muhamad Yusron
Jurusan : Manajemen

KATA PENGANTAR

Segala puji kepada Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Jurnal ini disusun untuk memenuhi tugas TEKNOLOGI INFORMASI BISNIS yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Kumpulan data teknologi Informasi”.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan pengarahan dalam menyusun dan menyelesaikannya
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH
D. PERUMUSAN MASALAH

BAB II PEMBAHASAN
A. NAMA-NAMA JEJARING SOSIAL YANG PALING POPULER
1. FACEBOOK
2. TWITTER
3. MYSPACE
4. FRIENDSTER
5. YAHOO KOPROL
6. BLOGGER
B. FUNGSI, TUJUAN DAN MANFAAT JEJARING SOSIAL

BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
B. SARAN
C. DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Kebutuhan manusia khususnya teknologi informasi sangatlah penting karena bisa mengetahui berbagai informasi baik informasi di dalam negeri maupun di luar negeri, dan kita juga bisa mengetahui kegiatan dan info teman kita melalui jejaring social sebagai bentuk teknologi informasi yang mudah di buat dan besar manfaatnya, namun dalam hal ini kitapun harus memikirkan dampak-dampak negatifnya.
Dalam memenuhi kebutuhan teknologi informasi kita seditadknya harus memahami dan mengetahui arti serta data-data maupun nama jejaring maupun aplikai yang akan digunakan untuk informasi.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)

Sesuai dengan judul makalah ini “Teknologi Informasi Bisnis”, terkait dengan kegiatan teknologi informasi perlunya kita mengetahui makna, tujuan serta dampak-dampaknya, adapun yang menjadi masalah dalam hal ini yaitu :
1. Bagaimana cara menggunakan teknologi informasi tersebut ?
2. Dari mana kita mendapatkan teknologi informasi tersebut ?
3. Untuk apa dan apa sajakah teknologi informasi tersebut ?

C. PEMBATASAN MASALAH.

Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran teknologi informasi terhadap kehidupan sehari-hari.
b. Cara-cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi khususnya tekhnologi informasi bisnis.

D. PERUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran teknologi informasi bisnis tersebut?
2. Bagaimana deskripsi cara agar dapat memanfaatkan teknologi informasi bisnis tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang berakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
Jenis-jenis teknologi informasi yang bpopuler yaitu :

A. NAMA-NAMA JEJARING SOSIAL YANG PALING POPULER

1. FACEBOOK
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

 

Gambar 1 : Tampilan facebook

 

2. TWITTER
Twitter adalah Miniatur Blog (Mikro Blogging) yaitu Mikro Blogging adalah sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat. Twitter adalah tak jauh berbeda dengan status update tersebut. Dengan twitter juga bisa mengupdate status, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut.
Mikro Blogging telah menjadi alternatif bagi orang yang ingin sebuah blog tapi tidak ingin nge-blog. Sebuah blog pribadi akan berisi berbagai informasi yang penting yang memang layak untuk disajikan ke khalayak umum, namun kenyataannya tidak semua orang suka menulis yang panjang dan lebar atau menerangkan secara detil tentang sesuatu. Twitter pun hadir untuk kegiatan micro blogging seperti ilustrasi diatas, bisa menginformasi sesuatu secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja.
Twitter bisa disebut juga sebuah Social Messaging Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita. Cukup kita update Twitter “Kumpul di Kampus jam 18.00”, maka semua orang (pengikut ataupun teman-teman) kita bakal secara serentak menerima informasi tersebut, dan akhirnya kegiatan kumpul-kumpul pun bisa terkoordinasi dengan baik.

 

Gambar 2 : Tampilan awal twitter

 

3. MYSPACE
MySpace yaitu situs jejaring sosial yang memiliki jaringan terbesar di dunia. Keunggulan dari MySpace sendiri yakni dengan menggunakan MySpace kita dapat mempromosikan musik-musik hasil kreasi kita ke seluruh dunia. MySpace merupakan produk dari perusahaan News Digital Media yang dipunyai oleh News Corporation. Kantor pusat MySpace terletak di Beverly Hills, California, dengan jumlah karyawan kurang lebih sekitar 1000 orang.
Terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan situs ini untuk dapat dinikmati oleh pengguna setianya. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang dimaksud.
1. Moods
Moods merupakan emosikon kecil untuk mengekspresikan suasana hati para pengguna MySpace.
2. Blurbs, Blog, Multimedia
Blurbs sendiri terbagi pada 2 bagian, yaitu About Me dan Who I’d Like to Meet.
Blog sendiri adalah aspek standar untuk isi, emosi, dan media.
Multimedia yang ditawarkan, yakni pengeditan foto pada Foto Flexer yang tidak hanya terdapat fasilitas memotong gambar,dan mengatur kontras. Namun, ada pula fasilitas mengubah foto menjadi kartun. Selain itu foto juga dapat dibuat berbentuk slide show.
3. Komentar
Ini merupakan bagian yang dapat diisi komentar oleh teman-teman kita yang dapat dibaca oleh siapa pun.
4. Profil Kustomisasi
Yakni kita sebagai penguna dapat mengubah penampilan umum halaman dengan memasukkan CSS untuk menimpa gaya default halaman MySpace tersebut. Umumnya hal ini digunakan untuk memilih font dan warna.
5. Musik
Pada profil musik ini merupakan ajang bagi para musisi dan band-band untuk mengunggah lagu-lagu mereka dengan format MP3. Syaratnya, si pengunggah harus memiliki izin menggunggah lagu tersebut atau lagu tersebut merupakan karya asli buatan sendiri.
MySpace juga mempunyai label rekaman sendiri sehingga tak heran jika lewat jejaring sosial ini banyak ditemukan orang-orang muda berbakat. Tercatat sekitar delapan juta seniman yang ditemukan oleh MySpace.

 

Gambar 4 : Tampilan myspace

 

4. FRIENDSTER

Friendster adalah salah satu situs Social Network Service yang terpopuler di Asia. Social Network Service (Layanan Jaringan Sosial) ini merupakan pelayanan pembangunan data sosial bertumpu pada anggota yang mendefinisikannya secara terus menerus.
Dulu friendster bernama “Napster” (sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang pengguna akan membuat identitas maya). Situs ini dibuat sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Sejak awal 2005, situs ini juga telah memulai dan menambahkan fitur-fiturnya.
Secara umum Frienster berguna untuk berkomunikasi dengan teman di seluruh dunia melalui internet. Frienster juga berguna untuk mencari teman lama maupun teman baru di dunia maya. Untuk kalangan remaja biasanya Frienster digunakan untuk mencari teman dan pacar baru. Tetapi hati2 lah jika kamu bermain Frienster karena semua data yang ada di sana belum tentu asli karena Frienster hanya dunia maya.

 

Gambar 6 : Tampilan awal friendster

 

5. YAHOO KOPROL
Koprol adalah perusahaan asli Indonesia. “Yahoo! Inc hari ini mengumumkan akuisisi Koprol. Bermarkas di Jakarta, Indonesia,” demikian dilansir Yahoo Finance. Yahoo menyatakan bergabungnya Koprol akan memperkaya layanan berbasis jejaring sosialnya.
Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia sejak tahun 2008. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkannya saat itu. Mirip layanan mikrobloging, namun dengan tambahan informasi dan mirip Foursquare, layanan sejenis asal AS yang dilaporkan gagal diakuisisi Yahoo.

 

Gambar 5 : Tampilan Yahoo koprol

 

6. BLOG (BLOGGER)

Blogger adalah objek pelaku dari sebuah blog, dengan kata lain Blogger (terlepas dari aksi google yang membeli domain blogger.com untuk layanan blognya) adalah orang-orang yang senantiasa menulis dan mengupdate blognya.
Bloger adalah suatu media internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat semua kalangan masyarakat local maupun internasional,dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis.

 

Gambar 7 : tampilan awal blogger

 

B. FUNGSI, TUJUAN DAN MANFAAT JEJARING SOSIAL

Berdasarkan tujuannya maka dapat dirumuskan beberapa fungsi dan manfaat dari jejaring social diantaranya yaitu :
1. Media penyimpanan data seperti foto, data diri, alamat, software, music dan lain-lain
2. Media komunikasi baik yang sudah di kenal maupun belum dikenal dengan jangkauan luas seluruh dunia.
3. Sebagai komunikasi bisnis untuk mempermudah pemasaran, pemesanan dan teransaksi.
4. Sebagai sarana promosi, jasa, biro maupun tehnologi dan pendidikan
5. Sebagai bentuk catatan pribadi/diari (blog)
6. Sebagai jasa layanan sosial, publik, maupun hukum.
7. Bentuk Kreativitas pengguna.

 

BAB III
PENUTUP

Alhamdulilah secara perlahan-lahan akhirnya tugas makalah “ Teknologi Informasi Bisnis “ selesai tersusun dengan baik, meskipun masih banyak kekurangan dan kesalahan yang terdapat dalam penyusunan makalah ini namun setidaknya telah selesai dilaksanakan dengan baik. Atas segala kekurangannya harap dimaklumi. Tak lupa saya ucapkan terima kepada dosen yang telah memberikan tugas makalah ini, dengan adanya tugas ini saya dapat memahami dan mengerti fungsi dan manfaat dari informasi bisnis dalam kehidupan sehari-hari.

A. KESIMPULAN

Beberapa dampak positif dan negative dari informasi bisnis bisa kita jadikan pertimbangan bagaimana kita harus menggunakan informasi terutama penggunaan jejaring social yang sedang popular saat ini.

B. SARAN
Segala bentuk aplikasi maupun data dari jejaring social yang sudah ada semuanya sangat bermanfaat bagi kita, namun beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan jaringan tersebut untuk hal-hal yang negative yang merugikan orang lain. Untuk mengantisipasi hal ini mungkin perlu adanya internet police ( polisi internet) agar terus berpatroli sepanjang 24 jam untuk melindungi pengguna teknologi informasi bisnis.

C. DAFTAR PUSTAKA
Beberapa artikel dari website/blog dan insting sendiri.

One thought on “Makalah Teknologi Informasi Bisnis”

  1. trima ksh udh berbagi info..tulisan ini sangat bermanfaat bagi sy yg sdng mempelajari MK Teknologi Informasi Bisnis di STIE Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s