Makalah Wirausaha Butik

PERENCANAAN BISNIS
MANAJERIAL EKONOMI
“VIE BOUTIQUE SHOP”

1. RINGKASAN EKSLUSIF

Banyak sekali usaha butik dengan segala macam target market namun sering sekali kita lihat butik yang target market nya tidak fokus, semua barang dijual dan lebih parahnya lagi, barang eksklusif dicampur barang murmer, dekorasi yang asal-asalan, dan sering tidak cocok dengan lokasi dan target marketnya. Kesalahan yang paling sering dilakukan butik-butik adalah karena segmentasi pelanggan yang tidak jelas. Barang untuk perempuan dicampur dengan barang bayi, baju anak-anak dicampur jualan lingerie.
Idealnya jika segmentasi pasar jelas maka sebuah butik dapat menjadi acuan para pelanggannya, kita harus menjadi self employed atau pekerja mandiri agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Beberapa target market dapat ditentukan dari :
1. Gender (Laki-laki/Perempuan/anak-anak dan bayi)
2. Sosial ekonomi pelanggan: Very high society, upper class atau urban class
3. Umur target market

2. GAMBARAN UMUM USAHA

Produk yang dijual dalam paket usaha ini mempunyai berbagai tema antara lain classic travel and business collections, urban casual, dan men and women’s collections. Tema classic travel and business collections adalah koleksi yang ditujukan bagi wanita dan pria kelas atas yang sering bepergian. Tema urban casual pangsa pasarnya usia yang lebih muda dan modis dan profesional yang mengikuti perkembangan teknologi, sedangkan men and women’s collection ditujukan pagi wanita yang suka gaya dan menghargai kualitas.
Alasan dalam membuka VIE BUTIQUE, yaitu dengan memperhatikan social market yaitu :
1. Perubahan gaya hidup yang menjadi fungsi ‘pemanis’ penampilan seseorang.
2. Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.
3. Pandangan sebagian konsumen di butik ini lebih bergengsi serta dapat disesuaikan dengan selera.

3. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

3.1. Biodata Perusahaan
Nama Perusahaan : VIE BOUTIQUE
Bidang Usaha : Butik Shop
Jenis Produk dan Jasa : Pakaian & Aksesoris
Alamat Perusahaan : Jl. Raya Serang – Pandeglang Palima
Nomor Telepon : 0254-000000
Faksimil : 0254-000000
Alamat email : vieboutique@yahoo.co.id
Situs website : http://www.vieboutique.com
Bank Perusahaan : BCA Cabang Serang
Nomor Rekening : 000-00000-0000
Bentuk Badan Hukum : _________________
Nomor Akte Pendirian : _________________
NPWP : _________________

3.2. Biodata Pemilik Perusahaan

Nama : Vicka U.B
Jabatan : Owner
Tempat/Tanggal lahir : …………………………………………….
Jenis Kelamin : ………………………………………………
Tempat tinggal : ………………………………………………
Nomor Telepon : ………………………………………………

4. ANALISIS DALAM MEMUALI USAHA

4.1. Peluang

Target pasar butik ini akan mengikuti mode perkembangan busana baik mereka yang sudah berumah tangga maupun mereka yang masih lajang. Butik ini terdiri dari bermacam jenis, butik impor, butik wanita, butik murah, dan sebagainya bergantung barang apa nanti yang dijual. bisnis ini mempunyai peluang yang potensial Karena dunia fashion itu terus berkembang dan dinamis.

4.2. Memulai

Mulai dari perencanaan dan mencari tahu mode-mode yang sedang berkembang dan diminati masyarakat dan melihat siapa saja pesaing-pesaing dalam jenis ini. Butik akan disisi dengan barang-barang seperti butik import, butik murah, butik pria dan wanita.

4.3. Hambatan

Beberapa hambatan dan pesaing yang harus dipikirkan yaitu :
- Banyak artis-artis yang mempunyai modal besar dan memiliki bisnis butik yang besar.
- Terdapat butik-butik yang sudah terkenal.

4.4. Strategi

Beberapa strategi usaha yang kami kembangkan yaitu :
- Miliki niat yang mantap dalam menjalankan BISNIS ini. Selain ini, keseriusan dan keuletan kamu tetap diperlukan.
- Melakukan promosi secara baik. seperti membuat kartu nama, brosur yang menarik, catalog barang-barang yang terbaik
- Memerikan pelayanan yaang memuaskan kepada konsumen.
- Menjaga kebersiham butik
- Membuat display yang menarik dan rapi.
- Membuat daftar harga yang jelas.

4.5. Lokasi
Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Adapun lokasi dibangunnya butik ini tepat dipinggir jalan raya yang sangat terang dan jelas dan terlihat dari jarak pandang orang yang mengendarai atau berada di dalam mobil. Dan di dalam butik ini harus yang terang benderang dan terlihat ada aktifitas dari jalan raya agar dapat menarik untuk konsumen agar datang dan menyempatkan waktu untuk mampir ke butik ini.
4.6. Jenis komoditi dan barang yang akan dijual
Sumber barang dapat menjamin pasokan secara kontinyu agar ketika barang habis kita tidak kebingungan untuk memikirkan pasokan. Salah satunya yaitu dengan membuat atau memproduksi barang produk sendiri, Produksi sendiri memang jauh lebih rumit karena harus memikirkan penjahit, pengrajin dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.
4.7. Dekorasi
Dekorasi sangat berperan untuk memancing orang masuk ke dalam butik dan dekorasi yang impresif bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing orang untuk membeli. Pencahayaan yang kuat untuk memperindah warna-warna barang yang di pajang. Agar barang terlihat indah dan menarik pembeli. Mendekorasi dan display butik akan disesuaikan dengan target market dan tema yang eye catching seuai dengan barang dan strateginya. Display akan diganti secara berkala supaya yang melihatnya tidak bosan dan jadi ingin masuk terus untuk melihat apakah ada yang baru di dalam butik ini.
4.8. Promosi
- Advertsing
- Tempat berkumpul (seperti arisan, organisasi, dan lain-lain)
- Support dalam berbagai acara yang memiliki pengunjung banyak.
- Mengikuti pameran dan bazzar
- Surat kabar/majalah
4.9. Pegawai/karyawan
Para pegawai yang akan kami rekrut yaitu akan dipastikan terlebih dahulu agar tahu asal usul pegawai tersebut, sehingga jika terjadi suatu masalah kita tahu kemana harus mencari dan menuntutnya. Pastikan pegawai yang ramah dan penuh inisiatif, tersebut sudah di training etiket dan pengetahuan mode dan trend, happy, fun, smile dan berwibawa. Karena mencari pegawai ibarat mencari jodoh.
Beberapa pegawai akan di bagi untuk :
- Keuangan
- Karyawan stock
- Sales Assisten
- Marketing
- Pramuniaga
- Bagian administrasi merangkap kasir
Peralatan-peralatan standar paket usaha butik yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
- Beberapa barang untuk awal pembukaan
- Seragam untuk karyawan
- Pin untuk karyawan
- Banner
- Spanduk
- Brosur

4.10. Layanan

Beberapa layanan tambahan agar dapat menarik konsumen supaya betah dan kembali ke butik ini yaitu dengan memberikan layanan berupa pembungkusan kado, souvenir, sticker dan lain-lain.

5. STRATEGI DAN LANGKAH-LANGKAH MEMULAI USAHA

5.1. LOKASI & RUANG
a. Letak Lokasi
Berada dipinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, dan di pusat-pusat perniagaan.
b. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.
c. Asumsi kebutuhan ruang
- Ruang display
- Ruang administrasi (kasir)
- Ruang duduk konsumen

5.2. LINGKUP KERJA
Lingkup kerja meliputi :
a. Survey :
- Pemetaan pasar
- Persaingan
- Potensi
b. Sistem :
- Pembukuan sederhana
- Siklus kerja
- SOP (Prosedur Standar Operasi)

c. Pelatihan
- Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
- Pengendalian system
- Pemasaran
- Pengamanan & pengendalian usaha

5.3. PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK

Langkah-langkah dasar yaitu :

5.3.1. Penyusunan tim kerja
- Pimpinan proyek
- Disain interior
- Disain graphis
- Sistem dan keuangan
- Lapangan / pembelanjaan
- SDM
- Pemasaran

5.3.2. Penyusunan time schedule masing-masing bagian

5.3.2.1. Time schedule perencanaan I
- Gambar layout termasuk pengukuran
- Gambar disain interior
- Daftar barang belanjaan yang harus dibeli

5.3.2.2. Time schedule perencanaan II
- Penentuan nama & tagline usaha
- Gambar disain neonbox / billboard
- Gambar disain stand banner
- Gambar disain spanduk atau alat promosi lain
- Rancangan seragam dan perlengkapannya
- Gambar lain yang diperlukan

5.3.2.3. Time schedule untuk tempat dan barang
- Batas waktu renovasi tempat
- Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan diluar kontrak

5.3.2.4. Time schedule pelaksanaan
- Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui
- Eksekusi disain graphis yang telah disetujui
- Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak
- Rekruitmen pegawai
- Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja
- Pelatihan karyawan
- SOP keseluruhan
- Pra promosi
- Soft opening
- Promosi
- Grand opening
- Pengawasan

5.3.3. Penyusunan Anggaran (Budgeting)
Anggaran yang ditetapkan meliputi :
- Anggaran pemesanan disain
- Anggaran transportasi dan akomodasi
- Anggaran pembelian barang

6. RINCIAN TUGAS

6.1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

6.1.1. Gambar layout
Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampak.
- Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai
- Menentukan posisi customer space
- Menentukan posisi ruang display
- Menentukan posisi kasir (meja admin)
- Menentukan posisi etalase
- Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)
- Tata lampu
- Kelistrikan

6.1.2. Gambar disain interior
- Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase untuk men-display tas atau dompet, ram untuk menggantung tas, dan lain-lain)
- Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar
- Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

6.2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS
6.2.1. Gambar disain graphis
- Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan
- Menentukan disain logo usaha
- Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung
- Menentukan disain billboard / neonsign
- Menentukan disain seragam dan perlengkapannya
6.2.2. Desain kebutuhan administrasi
- Nota penjualan
- Kartu stock barang
- Petty cash reconciliation
- Catatan penjualan harian

6.3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN
- Menentukan prosedur penerimaan konsumen
- Menentukan prosedur pelaksanaan kerja
- Menentukan prosedur penerimaan pembayaran
- Menentukan prosedur komplain konsumen
- Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang
- Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay
- Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan
- Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

6.4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN
- Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan
- Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kontrak
- Melakukan pembelian barang-barang
- Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior
- Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis
- Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

6.5. BAGIAN SDM
- Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan
- Melakukan seleksi pegawai
- Melakukan pelatihan pemahaman usaha
- Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan
- Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction
- Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6.6. BAGIAN PEMASARAN
- Menentukan strategi pemasaran pra operasi
- Menentukan strategi pemasaran operasi
- Menentukan strategi pemasaran pasca

6.7. PIMPINAN PROYEK
- Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan
- Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan
- Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan
- Mengeksekusi komplain tim proyek

7. DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN

Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek. Dalam butik ini akan akan memberikan layanan barang Standard Operational Procedure (SOP),

8. SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

8.1. Prosedur Penanganan Pelanggan
8.1.1. Penerimaan Pelanggan
Dilakukan oleh pramuniaga
1. Pelanggan diterima oleh pramuniaga dengan ramah.
2. Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia.
3. Menjawab dengan sopan dan memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen.
4. Jika konsumen berminat terhadap produk yang didisplay, pramuniaga wajib membantu mengambilkannya.
5. Pramuniaga mempersilahkan konsumen jika ingin mencoba.
6. Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen, bagian penerimaan pelanggan membuatkan nota.
7. Nota diserahkan kepada konsumen, dan konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.

7.1.2. Penerimaan Pembayaran
Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)
1. Kasir menerima nota yang dibawa oleh konsumen dengan ramah.
2. Kemudian pramuniaga menerima pembayaran dari konsumen.
3. Menghitung ulang total pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen secara cepat dan tepat.
4. Membubuhkan stempel ‘LUNAS’ pada nota rangkap ke-1.
5. Memberikan uang kembalian (jika ada) dan nota rangkap ke-1 kepada konsumen.
6. Kasir memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari.

7.1.3. Packing dan Penyerahan Barang
Dilakukan oleh pramuniaga
1. Selama pelanggan membayar di kasir, pramuniaga mengecek ulang jenis dan jumlah barang yang akan di-packing dengan nota rangkap ke-2 yang diserahkan oleh bagian kasir.
2. Setelah sesuai, barang dapat di-packing.
3. Menyerahkannya barang yang telah di-packing kepada konsumen dengan mengucapkan ‘terima kasih’.
4. Mengarsip nota rangkap ke-2 di tempat yang telah disediakan.

8. PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas barang buruk, harus dipastikan bahwa kerusakan barang diakibatkan oleh apa. Jika keruakan barang dari pabrik, dapat diganti, namun jika kerusakan barang akibat kesalahan konsumen (misalnya sobek karena tersangkut atau kotor karena jatuh) maka barang tersebut tidak dapat diganti. Supervisor atau yang mewakilinya harus memberikan penjelasan yang masuk akal kepada konsumen. Untuk meminimalisir komplain mengenai kerusakan barang atau ketidaksesuaian, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Barang Yang Anda Beli, Terima Kasih”.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

9. PROSEDUR PEMBELIAN KEMBALI STOCK BARANG

Penetapan & Penghitungan
1. Setiap pengeluaran persediaan barang dagangan akibat dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran terkontrol.
2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian persediaan barang dagangan jika stok persediaan barang dagangan sudah pada kondisi sisa maksimum 30%, minimum 20%.
3. Untuk menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, tas dan dompet hanya dapat dibeli dari supplier yang ditentukan.
4. Harga pembelian produk untuk persediaan barang dagangan ditentukan oleh supplier yang telah ditentukan, ditambah dengan biaya pengiriman untuk masing-masing counter.

TARGET YANG DITUJU
- Terdapat berbagai program diskon untuk event-event tertentu, misal: kenaikan kelas, lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya.
- Packing yang menarik

Daftar pustaka :
Sebagian di ambil dari http://yoserizal.com

3 thoughts on “Makalah Wirausaha Butik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s